Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kategori self- efficacy dan prokrastinasi akademik pada Mahasiswa fakultas psikologi Universitas Tama Jagakarsa, serta melihat hubungan kedua variabel tersebut terhadap mahasiswa dalam menjalankan tugas perkuliahan.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, data diambil kepada 103 orang responden menggunakan instrumen self-efficacy dan prokrastinasi akademik.Data yang terkumpul dianalisis menggunakan program SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, secara keseluruhan self-efficacy dan prokrastinasi akademik mahasiswa berada pada kategori sedang. Hasil analisis menggunakan teknik korelasi product moment diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar -0,510 serta taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil analisis tersebut, dapat dikemukakan bahwa ada hubungan negatif antara self-efficacy dan prokrastinasi akademik.Artinya, semakin tinggi self-efficacy mahasiswa maka semakin rendah tingkat prokrastinasi akademiknya. Sebaliknya, semakin rendah self-efficacy seorang mahasiswa maka semakin tinggi pula tingkat prokratinasi akademiknya. Sumbangan self-efficacy terhadap prokrastinasi akademik sebesar 26% dan sisanya 74% dipengaruhi oleh variabel lain.
kata kunci :
self efficacy, prokrastinasi akademik